Keterampilan Guru dalam Belajar Mengajar


PENDAHULUAN 


A Latar Belakang 

Guru merupakan suatu tenaga professional yang berada dalam lingkungan kependidikan. Hal ini menuntut guru untuk memiliki suatu kompetensi yang harus dikuasai oleh guru. Disamping itu guru juga harus menguasai suatu keterampilan dasar dalam mengajar, karena seoarang guru yang professional setidaknya harus memiliki dua modal dasar dalam mengelola kegiatan interaksi belajar mengajar, yaitu kemampuan mendesain program dan keterampilan mengkomunikasikan program itu kepada anak didik. Dua modal dasar inilah yang dikenal dengan “Keterampilan Dasar Mengajar”.

Meskipun pada saat ini sebagian guru masih menggunakan cara-cara yang konvesional dalam pembelajaran. Hal ini dianggap masih mudah dilaksanakan dan peserta didik pun lebih paham dengan cara-cara konvesional guru dalam menyampaikan materi ajar. Namun dalam pembelajaran pun seorang guru harus mampu membangkitkan partisipasi peserta didik dalam belajar, sehingga pembelajaran berlangsung secara baik dan menyenangkan. 

B Rumusan Masalah 

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan beberapa permasalahan yang menjadi pembahasan pada makalah ini, yaitu : 

1) Keterampilan dasar mengajar 1 

2) Keterampilan dasar mengajar 2 


PEMBAHASAN 

A Pengertian Keterampilan Dasar Mengajar 

Keterampilan dasar mengajar (teaching skills) adalah kemampuan atau keterampilan yang bersifat khusus (most specific instructional behaviors) yang harus dimiliki oleh guru, dosen, instruktur atau widyaiswara agar dapat melaksanakan tugas mengajar secara efektif, efisien dan profesional (As. Gilcman,1991). Dengan demikian keterampilan dasar mengajar berkenaan dengan beberapa keterampilan atau kemampuan yang bersifat mendasar dan harus dikuasai oleh tenaga pengajar dalam melaksanakan tugas mengajarnya. 


Dalam mengajar ada dua kemampuan pokok yang harus dikuasai oleh seorang tenaga pengajar, yaitu; 

1) Menguasai materi atau bahan ajar yang akan diajarkan (what to teach) 

2) Menguasai metodologi atau cara untuk membelajarkannya( how to teach) 

Keterampilan dasar mengajar termasuk kedalam aspek no 2 yaitu cara membelajarkan siswa. Keterampilan dasar mengajar mutlak harus dimiliki dan dikuasai oleh tenaga pengajar, karena dengan keterampilan dasar mengajar memberikan pengertian lebih dalam mengajar. Mengajar bukan hanya sekedar proses menyampaikan materi saja, tetapi menyangkut aspek yang lebih luas seperti pembinaan sikap, emosional, karakter, kebiasaan dan nilai-nilai. 


B Keterampilan Dasar Mengajar I 

1) Keterampilan Bertanya 

a. Pengertian Keterampilan Bertanya 

Bertanya merupakan suatu unsur yang selalu ada dalam proses komunikasi, termasuk dalam komunikasi pembelajaran. Keterampilan bertanya merupakan ucapan atau pertanyaan yang dilontarkan guru sebagai stimulus untuk memunculkan atau menumbuhkan jawaban (respon) dari peserta didik. 


Pertanyaan yang baik mempunyai berbagai fungsi antara lain: 

1) Mendorong siswa untuk berpikir, 

2) Meningkatkan keterlibatan siswa, 

3) Merangsang siswa untuk mengajukan pertanyaan, 

4) Mendiagnosis kelemahan siswa, 

5) Memusatkan perhatian siswa pada satu masalah, dan 

6) Membantu siswa mengungkapkan pendapat dengan bahasa yang baik 

a) Komponen-Komponen keterampilan bertanya. 

Keterampilan bertanya dasar 

Ø Pengungkapan pertanyaan secara jelas dan singkat, artinya pertanyaan harus dibuat dengan struktur kalimat yang sederhana. 

Ø Pemberian Acuan, artinya sebelum bertanya guru perlu memberikan acuan berupa informasi yang perlu diketahui siswa. 

Ø Pemusatan, artinya memfokuskan perhatian siswa pada inti masalah tertentu.Contoh: 

-. Sebutkan macam-macam ikan! 

-. Diantara banyaknya ikan, ikan apa saja yang hidup di air tawar? 

Ø Pemindahan Giliran, artinya satu pertanyaan dijawab secara bergilir oleh beberapa orang siswa. Jadi setelah siswa memberi jawaban, maka guru meminta jawaban lagi kepada siswa kedua melengkapi jawaban tersebut, dan kemudian meminta jawaban lagi kesiswa ketiga dan seterusnya. 

Ø Penyebaran, artinya beberapa pertanyaan berbeda ditujukan kepada siswa berbeda pula. 

Ø Pemberian waktu berfikir, artinya setelah mengajukan pertanyaan guru hendaknya menunggu beberapa saat sebelum meminta atau menunjuk siswa untuk menjawabnya. 

Ø Pemberian Tuntunan, artinya guru harus memberikan tuntunan saat jawaban siswa tidak sesuai harapan sehingga secara bertahap siswa mampu memberikan jawaban. Tuntunan dapat diberikan dengan cara mengungkapkan kembali pertanyaan dengan bahasa yang sederhana (memparafrase), mengajukan pertanyaan lain, mengulangi penjelasan materi. 

b. Keterampilan Bertanya Lanjut 

Keterampilan bertanya lanjut dibentuk berdasarkan penguasaan keterampilan bertanya dasaryang lebih mengutamakan usaha mengembangkan kemampuan berpikir siswa, memperbesar partisipasi dan mendorong siswa agar dapat berinisiatif sendiri. Komponennya terdiri atas: 

Ø Pengubahan susunan tingkat kognitif dalam menjawab pertanyaan, artinya pertanyaan yang diajukan guru harus mengundang siswa untk berpikir. 

Ø Pengaturan urutan pertanyaan, artinya guru hendaknya mengatur urutan pertanyaan. 

Ø Penggunaan pertanyaan pelacak, artinya guru dapat mengajukan pertanyaan pelacak yang dapat membimbing siswa untuk mengembangkan jawaban yang diberikan. Contohnya, seperti Meminta klarifikasi, Meminta siswa memberi alasan, Meminta kesepakatan pandangan siswa, Meminta ketepatan jawaban, Meminta jawaban yang relevan, Meminta contoh dan Meminta jawaban yang lebih kompleks. 

Ø Peningkatan terjadinya interaksi. 

Dalam menerapkan keterampilan bertanya dasar dan lanjut, guru perlu memperhatikan prinsip-prinsip berikut: 

-. Kehangatan dan keantusiasan. 

-.Menghindari kebiasaan mengulang pertanyaan sendiri, mengulangi jawaban siswa, menjawab pertanyaan sendiri, mengajukan pertanyaan yang mengundang jawaban serempak, mengajukan pertanyaan ganda, dan menunjuk siswa sebelum mengajukan pertanyaan. 

-. Memberikan waktu berpikir 

-. Mempersiapkan pertanyaan pokok yang akan diajukan 

-. Menilai pertanyaan yang tealh diajukan 

A. Jenis-jenis pertanyaan 

a. Pertanyaan langsung, yaitu pertanyaan yang ditujukan kepada salah satu peserta didik 

b. Pertanyaan umum dan terbuka, yaitu pertanyaan yang ditujukan kepada seluruh kelas 

c. Pertanyaan retorik, yaitu pertanyaan yang tidak menghendaki jawaban Pertanyaan faktual, yaitu pertanyaan untuk menggali fakta dan informasi 

d. Pertanyaaan yang diarahkan kembali, yaitu pertanyaan yang dikembalikan kepada peserta didik atas pertanyaan peserta didik lain 

e. Pertanyaan memimpin (Leading Question) yaitu pertanyaan yang jawabannya tersimpul dalam pertanyaan itu sendiri 

2) Keterampilan Memberi Penguatan 

A. Pengertian keterampilan memberi penguatan 

Memberi penguatan (reincorcement) merupakan tindakan ataurespon terhadap suatu bentuk perbuatan yang baik, sehingga dapat membuat terulangnya atau meningkatnya kualitas tingkah laku baik tersebut di saat yang lain. 

B. Tujuan penggunaan keterampilan memberi penguatan : 

a) Meningkatkan perhatian peserta didik 

b) Membangkitkan dan memelihara motivasi belajar peserta didik 

c) Memudahkan siswa belajar 

d) Mengontrol dan memodifikasi tingkah laku siswa serta mendorong munculnya perilaku yang positif 

e) Menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa 

f) Memelihara iklim kelas yang kondusif 

C. Komponen-Komponen Keterampilan Memberi Penguatan 

a) Penguatan Verbal, merupakan penguatan dalam bentuk kata-kata. Seperti pujian atau komentar. Contohnya: 

-. Pekerjaanmu rapi benar. 

-. Wah, belum pernah saya melihat pekerjaan serapi ini. 

b) Penguatan Gestural (non-verbal) terdiri dari penguatan berupa mimik dan gerakan badan, penguatan dengan cara mendekati, penguatan dengan sentuhan (contact), penguatan dengan kegiatan yang menyenangkan, penguatan berupa simbol atau benda dan penguatan tak penuh. 

D. Prinsip-prinsip penguatan 

a) Kehangatan dan keantusiasan, dapat ditunjukan dengan wajah berseri disertai senyuman. 

b) Kebermaknaan 

c) Hindari penggunaan respon negative 

d) Berdampak terhadap perilaku positif 

3) Keterampilan Menggunakan Variasi 

A Pengertian keterampilan menggunakan variasi 

Variasi adalah keanekaan yang membuat sesuatu tidak monoton. Jadi keterampilan menggunakan variasi merupakan keterampilan guru dalam menggunakan bermacam kemampuan dalam mengajar untuk memberikan rangsangan kepada siswa agar suasana pembelajaran selalu menarik, sehingga siswa bergairah dan antusias dalam menerima pembelajaran dan aktivitas belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif. 


Tujuan penggunaan variasi dalam proses belajar mengajar yaitu menghilangkan kebosanan dalam mengikuti proses belajar, mempertahankan kondisi optimal belajar, meningkatkan perhatian dan motivasi peserta didik,dan memudahkan pencapaian tujuan pengajaran. 

B Jenis-jenis variasi dalam mengajar 

a) Variasi dalam gaya mengajar, mencakup variasi suara, pemusatan perhatian, kesenyapan, mengadakan kontak pandang, gerakan pandang dan mimik serta perubahan dalam posisi guru. 

b) Variasi pola interaksi dan kegiatan, mencakup pola interaksi klasikal, kelompok dan perorangan. 

c) Variasi dalam penggunaan metode, contohnya variasi alat bantu pembelajaran yang dapat dilihat, variasi alat bantu pembelajaran yang dapat didengar, variasi alat bantu pembelajaran yang dapat diraba dan dimanipulasi. 

C Prinsip-prinsip penggunaan variasi dalam pengajaran 

Adalah Variasi yang digunakan harus mengandung maksud tertentu, gunakan variasi dengan wajar dengan tidak berlebihan, perubahan satu jenis variasi ke variasi lainnya harus efektif dan penggunaan variasi harus direncakan dan sesuai dengan bahanmetode, dan karakteristik peserta didik. 

4) Keterampilan Menjelaskan 

A Pengertian Keterampilan Menjelaskan 

Keterampilan menjelasakan adalah suatu keterampilan menyajikan bahan belajar yang diorganisasikan secara sistematis sebagai suatu kesatuan yang berarti, sehingga mudah dipahami para peserta didik. 

B Tujuan kegiatan menjelaskan 

a) Membantu siswa memahami berbagai konsep, hukum, dalil, dan sebagainya secara objektif dan bernalar. 

b) Membimbing siswa menjawab pertanyaan “mengapa” yang muncul dalam proses pembelajaran 

c) Meningkatkan keterlibatan siswa dalam memecahkan berbagai masalah melalui cara yang berfikir sistematis 

d) Mendapatkan balikan dari siswa tentang tingkat pemahamannya terhadap konsep yang dijelaskan dan untuk mengatasi salah pengertian 

e) Memberi kesempatan kepada siswa untuk menghayati proses penalaran dalam penyelesaian ketidakpastian. 

C Komponen-Komponen keterampilan menjelaskan 

a) Keterampilan merencanakan penjelasan 

Ø Merencanakan isi pesan, meliputi menganalisis terlebih dahulu terhadap masalah secara keseluruhan, jenis hubungan yang ada antara unsur-unsur yang dibicarakan, memahami terlebih dahulu tentang penerapan hukum, rumus atau generalisasi yang sesuai dengan masalah yang ada. 

Ø Menganalisis karakteritik penerima pesan. 

Ø Merencanakan suatu penjelasan harus mempertimbangkan penerima pesan. Penjelasan yang disampaikan tersebut sangat bergantung pada kesiapan audiens yang mendengarkannya. Hal ini berkaitan erat dengan jenis kelamin, usia, kemampuan, latar belakang sosial dan lingkungan belajar. Oleh karena itu, dalam merencanakan suatu penjelasan harus selalu mempertimbangan faktor-faktor tersebut di atas. 

b) Keterampilan menyajikan penjelasan 

Ø Kejelasan 

Ø Penggunaan contoh dan ilustrasi 

Ø Pemberian tekanan 

Ø Balikan 

D Prinsip-prinsip menjelaskan meliputi Penjelasan harus disesuaikan dengan kemampuan dan karakteristik peserta didik, Penjelasan harus diselingi tanya jawab, Materi penjelasan harus dikuasai secara baik oleh guru, Penjelasan harus sesuai dengan tujuan pembelajaran, Materi penjelasan harus bermanfaat dan bermakna bagi peserta didik, dapat menjelaskan harus disertai dengan contoh-contoh yang kongkrit dan dihubungkan dengan kehidupan. 

E Aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam Menjelaskan 

a) Bahasa yang digunakan dalam menjelaskan harus sederhana, terang dan jelas 

b) Bahan yang akan diterangkan dipersiapkan dan dikuasai terlebih dahulu 

c) Pokok-pokok yang diterangkan harus disimpulkan 

d) Dalam menjelaskan serta dengan contoh dan ilustrasi 

e) Adakan pengecekan terhadap tingkat pemahaman peserta didik melalui pertanyaan-pertanyaan 


C Keterampilan Dasar Mengajar II 

1) Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran 

A Pengertian Keterampilan membuka dan menutup pelajaran 

Keterampilan membuka pelajaran adalah usaha guru untuk mengkondisikan mental peserta didik agar siap dalam menerima pelajaran. Dalam membuka pelajaran peserta didik harus mengetahui tujuan yang akan dicapai dan langkah-langkah yang akan ditempuh.
Keterampilan menutup pelajaran adalah keterampilan guru dalam mengakhiri kegitan inti pelajaran. Dalam menutup pelajaran, guru dapat menyimpulkan materi pelajaran, mengetahui tingkat pencapaian peserta didik dan tingkat keberhasilan guna dalam proses belajar mengajar. 

B Tujuan membuka dan menutup pelajaran adalah : 

a) Untuk menimbulkan minat dan perhatian peserta didik terhadap pelajaran yang akan dibicarakan 

b) Menyiapkan mental para peserta didik agar siap memasuki persoalan yang akan dibicarakan 

c) Memungkinkan peserta didik mengetahui tingkat keberhasailan dalam pelajaran 

d) Agar peserta didik mengetahui batas-batas tugasnya yang akan dikerjakan 

C Prinsip-prinsip keterampilan membuka dan menutup pelajaran 

a) Dalam membuka pelajaran harus memberi makna kepada peserta didik, yaitu dengan menggunakan cara-cara yang relevan dengan tujuan dan bahan yang akan disampaikan 

b) Hubungan antara pendahuluan dengan inti pengajaran serta dengan tugas-tugas yang dikerjakan sebagai tindak lanjut nampak jelas dan logis 

c) Menggunakan apersepsi yaitu mengenalkan pokok pelajaran dengan menghubungkannya terhadap pengetahuan yang sudah diketahui oleh peserta didik. 

2) Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan 

A Pengertian mengajar kelompok kecil dan perorangan 

Keterampilan mengajar kelompok kecil adalah kemampuan guru melayani kegiatan peserta didik dalam belajar secara kelompok dengan jumlah peserta didik berkisar antara 3 hingga 5 orang atau paling banyak 8 orang untuk setiap kelompoknya. 

Sedangkan keterampilan dalam pengajaran perorangan atau pengajaran individual adalah kemampuan guru dalam mennetukan tujuan, bahan ajar, prosedur dan waktu yang digunakan dalam pengajaran dengan memperhatikan tuntutan-tuntutan atau perbedaan-perbedaan individual peserta didik. 

B Tujuan guru mengembangkan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan 

a) Keterampilan dalam pendekatan pribadi 

b) Keterampilan dalam mengorganisasi 

c) Keterampilan dalam membimbing belajar 

d) Keterampilan dalam merencakan dan melaksanakan KBM 


3) Keterampilan Mengelola Kelas 

a) Pengertian keterampilan mengelola kelas 

Keterampilan mengelola kelas merupakan kemampuan guru dalam mewujudkan dan mempertahankan suasana belajar mengajar yang optimal. 

b) Tujuan dari pengelolaan kelas adalah : 

a) Mewujudkan situasi dan kondisi kelas yang memungkinkan peserta didik memgembangkan kemampuannya secara optimal 

b) Menghilangkan berbagai hambatan dan pelanggaran disipilin yang dapat merintangi terwujudnya interaksi belajar mengajar 

c) Mempertahankan keadaan yang stabil dalam susana kelas, sahingga bila terjadi gangguan dalam belajar mengajar dapat dikurangi dan dihindari 

d) Melayani dan membimbing perbedaan individual peserta didik 

e) Mengatur semua perlengkapan dan peralatan yang memungkinkan peserta didik belajar sesuai dengan lingkungan sosial, emosional dan intelektual peserta didik dalam kelas. 


c) Prinsip-prinsip Pengelolaan Kelas 

a) Keluwesan, digunakan apabila guru mendapatkan hambatan dalam perilaku peserta didik, sehingga guru dapat merubah strategi mengajarnya 

b) Kehangatan dan keantusiasan 

c) Bervariasi, gunakan variasi dalam proses belajar mengajar 

d) Tantangan, gunakan kata-kata, tindakan atau bahan sajian yang menantang 

e) Tanamkan displin diri, selalu mendorong peserta didik agar memiliki disipin diri 

f) Menekankan hal-hal positif, memikirkan hal positif dan menghindarkan konsentrasi pada hal negative 

d) Komponen Keterampilan Pengelolaan Kelas 

Keterampilan yang bersifat preventif guru dapat menggunakan kemampuannya dengan cara : 

a) Memusatkan perhatian 

b) Menunjukkan sikap tanggap 

c) Menegur 

d) Membagi perhatian 

e) Memberi petunjuk-petunjuk yang jelas 

f) Memberi penguatan 

Keterampilan megelola kelas yang bersifat represif, guru dapat menggunakan keterampilan dengan cara : 

a) Pengelolaan kelompok 

b) Modifikasi tingkah laku 

c) Menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah 

Hal-hal yang harus dihindari dalam mengembangkan keterampilan mengelola kelas : 

a) Ketidaktepatan memulai dan mengakhiri kegiatan 

b) Pengulangan penjelasan yang tidak perlu 

c) Penyimpangan 

d) Kesenyapan 

e) Bertele-tele 


PENUTUP 


A Kesimpulan 

Keterampilan dasar mengajar merupakan keterampilan dasar mengajar yangperlu dimiliki oleh guru dari semua bidang studi. Jika dipertimbangkan bahwa bidang-bidang studi yang bermacam-macam mempunyai ciri-ciri pengajaran yang khas,keterampilan mengajar untuk bidang-bidang studi khusus perlu dikembangkan. 


Keterampilan Dasar Mengajar terbagi 2 (dua), yaitu : 

1) Keterampilan dasar mengajar 1, yang terdiri dari : 

a) Keterampilan Bertanya 

b) Keterampilan Memberi Penguatan 

c) Keterampilan Menggunakan Variasi 

d) Keterampilan Menjelaskan 

2) Keterampilan dasar mengajar 2, yang terdiri dari : 

a) Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran 

b) Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan 

c) Keterampilan Mengelola Kelas 

d) Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil

0 Response to "Keterampilan Guru dalam Belajar Mengajar "

Post a Comment